Mengatasi Laptop Cepat Panas


Pendinginan CPU ( Central Processing Unit ), atau disebut sebagai " Chip " atau juga disebut " Otak " dari laptop menjadi suatu masalah bagi sebagian besar produsen laptop dimana harus merancang body luar laptop ( casing ) yang benar agar tidak cepat panas.

Pendinginan ini biasanya dipasang kipas dan beberapa jenis konduktor logam seperti tembaga atau aluminium yang disebut heat sink. CPU, yang terhubung dengan logam heat sink melalui pelumas/grease termal atau senyawa. Grease ini menghantarkan panas tetapi tidak mengahantarkan listrik . 

Trik produsen laptop di sini menyingkirkan sebanyak mungkin penyebab panas. Lubang ventilasi juga dibuat sedemikian rupa terhadap casing agar memungkinkan kipas untuk menghisap udara dingin dari bawah. 

MasalahMasalahnya adalah suatu saat debu dan partikel lainnya bisa menyumbat ventilasi, kipas angin dan exhaust port sehingga membatasi aliran udara dan pendinginan. 

Namun hal ini relatif mudah diatasi dengan meniup ventilasi dan kipas atau menggunakan kuas untuk membersihkan debu tersebut. Perlu diingat: Dalam dunia komputer - Debu memang mudah dihilangkan. Namun ada masalah lain yang terjadi ketika komputer ( laptop ) sudah terlalu cepat panas bisa cenderung mengeringkan senyawa termal sehingga menyebabkan sistem bisa panas lebih cepat.

Untungnya kebanyakan laptop jaman sekarang telah dirancang untuk mencegah hal buruk lebih parah. Kecepatan sistem operasi laptop akan berkurang sedikit demi sedikit sampai akhirnya mematikan laptop dengan sendirinya. Jadi jika Anda mengalami sistem komputer yang mulai bekerja lebih lambat dari biasanya dan kemudian mati tanpa alasan yang jelas, jangan panik dulu, bisa jadi karena laptop anda overheat. 

Baiklah, uraian di atas adalah sebagaian penjelasan bagaimana pendinginan laptop yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh produsen laptop agar laptop tidak cepat panas walaupun akhirnya masih bisa terjadi karena beberapa hal seperti debu dll.

Selanjutnya di sini saya akan menjelaskan solusi dari permasalahan laptop cepat panas yang diambil dari berbagai sumber baik itu dari situs dan blog luar maupun dari negeri kita sendiri, dan ternyata blog-blog di Indonesia pun banyak artikel yang menuliskan tentang permasalahan ini.

Berikut ini adalah solusi untuk mencegah permasalahan laptop Over Heating:
  1. Bersihkan ventilasi udara. Biasanya debu masuk melalui ventilasi atau lubang pada casing laptop, debu yang berlebihan dapat menyumbat ventilasi udara dan menghambat fungsi sistem pedingin pada laptop. Anda bisa membersihkannya dengan kain atau dengan vacum pembersih keyboard yang banyak dijual di toko komputer.
  2. Update sistem BIOS anda. Sistem BIOS mengontrol hardware laptop anda walaupun kebanyakan produk laptop saat ini telah dirancang untuk mengupdate file BIOS secara otomatis. Pastikan bahwa notebook Anda terhubung ke listrik ketika akan update BIOS.
  3. Selalu gunakan cooler. Cooling pad atau kipas pendingin bisa mencegah laptop over heating. Banyak produk cooling pad dijual di toko komputer namun kita harus pintar memilih yang sesuai dengan bentuk atau ukuran laptop kita agar berfungsi maksimal.
  4. Menjaga Suhu RuanganTempatkan laptop Anda di ruang dingin atau ber-AC untuk mendinginkan dan mencegah dari overheating.
  5. Jangan simpan laptop pada permukaan lembut. Sofa , karpet atau bantal akan menghambat aliran udara laptop dan menyebabkan over heating. Gunakan permukaan yang padat dan datar agar memungkinkan aliran udara yang tepat.
  6. Tiup/semprotkan udara pada kipas. Anda bisa melakukannya selama sebulan satu kali agar setiap debu atau partikel yang tidak diinginkan bisa dibersihkan untuk kelancaran fungsi dari kipas angin.
  7. Ganti baterai laptop. Jika Anda memiliki baterai laptop cadangan, sesekali bisa bergantian. Baterai laptop yang bermasalah juga bisa menyebabkan over heating.  
Demikianlah artikel cara mengatasi laptop yang over heating. Semoga bermanfaat.Source: wikihow, Laptop Mag, instructable
 



Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang baik untuk kemajuan blog ini