Atasi Flu dengan Resep Rumahan


Anda sering sekali tidak sadar jika gejala flu bisa berasal dari demam, batuk, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, nyeri tubuh dan menggigil. Gejala-gejala flu seperti itu sebenarnya bisa diatasi hanya dengan obat antivirus, namun tentu tidak bisa sembarangan. Padahal, sebenarnya obat antivirus tersebut bisa dihindari dengan cara membuat ‘obat’ sendiri. Berikut ini cara ampuh mengatasinya:
1. Minum.
Jika Anda terserang flu yang disertai diare dan demam, maka perbanyak minum agar Anda tak mengalami dehidrasi. Minum banyak air dapat membantu menurunkan demam. Air putih, jus, soda dan minuman berelektrolit sangat dianjurkan untuk Anda konsumsi. Namun, hindari minuman berkafein. Selain itu jangan pernah menyentuh alkohol kerana akan membuat Anda semakin mengantuk dan flu juga tidak akan sembuh.
2. Menghirup Udara Lembab
Menghirup udara lembab akan membantu meringankan hidung Anda yang tersumbat. Selain itu tenggorokan Anda yang sakit akan terasa hangat dan sedikit lega. Salah satu strategi yang efektif adalah dengan menikmati mandi uap beberapa kali dalam sehari, atau sekedar menyalakan shower dan duduk di kamar mandi selama beberapa menit hanya untuk menghirup uap.
3. Makan Sup Hangat
Sejak dulu, sup ayam dipercaya dapat menyembuhkan flu. Suatu penelitian yang dituangkan dalam jurnal Chest (2000) menjabarkan bahwa sup ayam dapat membantu meredakan gejala infeksi saluran pernafasan atas.
4. Kompres Dengan Air Hangat
Anda bisa mencoba cara tradisional seperti mengompres dahi dan hidung. Kain hangat yang digunakan untuk kompres merupakan alat yang ampuh untuk meredakan sakit kepala atau sinus.
5. Menghisap Permen
Obat batuk tetes, permen tenggorokan dan permen mint dapat sangat efektif mengurangi batuk atau sakit tenggorokan. 
6. Berkumur Air Garam
Salah satu cara untuk dapat menyingkirkan lendir tebal di bagian belakang tenggorokan akibat batuk atau sakit tenggorokan adalah dengan berkumur dengan air garam. Hal ini juga dapat membantu meringankan telinga yang tersumbat.
7. Pengairan Hidung
Untuk mengurangi penyumbatan dan suara sengau, serta mengurangi risiko berkembangnya infeksi virus sinus, beberapa dokter menganjurkan untuk melakukan pengairan hidung. Caranya dengan menuangkan (beberapa tetes) air garam ke dalam satu lubang hidung dan biarkan air garam tersebut membersihkan hidung Anda. Anda juga dapat membuat larutan air garam dengan mencampurkan garam dan air hangat.
8. Mendirikan Tenda
Anda butuh cara cepat untuk membuka saluran udara yang tersumbat? Dirikan tenda, bawa panci air mendidih, gantungkan handuk di atas kepala, tutup mata sambil duduk di bawah tenda. Kemudian bernafaslah dalam-dalam melalui hidung selama 30 detik. Anda juga dapat menambahkan minyak peppermint atau eucalyptus ke air. Ulangi sesering yang Anda perlukan untuk mengurangi penyumbatan.
9. Istirahatkan Tubuh
Jangan pernah abaikan isyarat dari tubuh Anda. Jangan terus memaksa tubuh beraktifitas padahal tubuh tidak menginginkan. Jika memang tubuh Anda harus berbaring seharian di tempat, istirahatlah.
10. Bantuan Teman’. 
Seorang teman memang tidak bisa menurunkan suhu tubuh Anda ataupun mengobati flu yang sedang Anda derita. Namun, kehadiran mereka untuk sekedar menghibur atau membantu Anda di saat-saat tertentu dapat meringankan gejala flu yang sedang Anda alami. 

Demikialanlah cara mengatasi flu dengan resep rumahan semoga bermanfaat.
Referensi: dr.Adhiatma Gunawan at Meetdoctor
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang baik untuk kemajuan blog ini