Toko Online Terpercaya Hasil Survey

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya yang berjudul "Toko Online Semakin Marak". Di sini saya akan menuliskan daftar toko online terpercaya ataupun penipu sesuai dengan hasil survey yaitu melalui pencarian informasi atau bahkan melakukan transaksi terhadap toko tersebut.

Namun, karena semakin banyaknya toko online yang beredar cuma beberapa saja yang saya survey dan selanjutnya akan diupdate terus dari hasil survey tersebut.

Berikut ini adalah beberapa toko online hasil uji coba bertransaksi atau hasil survey:

Lazada.co.id merupakan toko online terbesar di Indonesia yang mempunyai lebih dari 37.000 produk dan lebih dari 16 kategori utama diantaranya: Elektronik, komputer, laptop, tablet, fashion terbaru, peralatan rumah tangga, alat kesehatan dll. dan ribuan kategori lainnya. 

Saya telah berbelanja di Lazada sebanyak 3 kali, yaitu pembelian Handphone, mainan anak, dan tas anak. Berikut kesimpulannya:
Pelayanan : Cukup Memuaskan
Harga : Bisa dibandingkan
Pengiriman : Cepat (tergantung lokasi)
Packing : Rapi, aman
Qualitas Barang : Baik, tidak ada cacat   

Namun kita harus berhati-hati karena banyak penipuan yang memanfaatkan nama Lazada untuk keuntungan sendiri, website yang benar adalah yang disebutkan di atas.

2. Bhinneka.com (http://www.bhinneka.com)
Bhinneka.com merupakan salaha satu toko online terbesar di Indonesia yang menyediakan produk-produk komputer, gadget dan aksesorisnya. Namun semakin meningkatnya produktifitas penjualan kini Bhinneka.com menjual produk kategori yang cukup lengkap.

Saya pernah berbelanja sebanyak 1 kali saja yaitu pembelian modem router. Berikut kesimpulan sementara:
Pelayanan:Cukup Memuaskan
Harga:Standard
Pengiriman:Cepat (tergantung lokasi)
Packing:Rapi, aman
Qualitas Barang:Baik, tidak ada cacat 

3. Jakarta Notebook (http://www.jakartanotebook.com)
JakartaNotebook.com merupakan salah satu perusahaan Online Store yang berdiri sejak tahun 1999 dan telah melayani pembelian secara online sejak 8 Januari 2003 hingga saat ini. Jakarta Notebook bergerak dalam bidang penjualan barang-barang kebutuhan IT. selain itu juga menyediakan gadget kebutuhan lainnya.

Saya pernah berbelanja di Jakarta Notebook sebanyak 3 kali yaitu pembelian Power Bank, mini camera, dan aksesories IT. Kesimpulannya:
Pelayanan:Cukup Memuaskan
Harga:Tergolong murah, promo
Pengiriman:Cepat (tergantung lokasi)
Packing:Aman
Qualitas Barang:Tidak ada yang cacat 

Demikianlah untuk sementara informasi toko online hasil survey, untuk selanjutnya akan selalu di update. Namun demikian semua tergantung kepada anda, toko mana yang anda percaya dan artikle ini jangan dijadikan sebagai acuan untuk mencari toko online terpercaya karena ini adalah hasil survey saya pribadi dan hasilnya seperti disebutkan di atas.

6 comments:

  1. Kang Abah kalo pake kartu kredit aman ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan saya transaksi menggunakan kartu kredit, dan alhamdulillah tidak ada masalah apapun jd saya kira aman-aman saja

      Delete
  2. Reviewnya jangan cuma 3 aja om

    ReplyDelete
  3. awalnya saya bertransaksi online dengan jakarta notebook dengan kode TPLND. Memang barang dikirim sampai rumah tapi dalam keadaan rusak setelah itu saya coba konfirmasi melalui telepon terus dia menyuruh mengembalikan barang tersebut kejaknot untuk ferifikasi klaim garansi jadi saya mengembalikan barang tesebut kejaknot sesuai dengan perintahnya. tetapi setelah satu minggu nggak ada respon saya coba
    komfirmasi melalui telepon karena kalau cuma dengan email tidak pernah ditanggapi tetapi setelah saya komfirmasi dia bilang bagian servis sedang sibuk dan dia bilang suruh telpon dilain waktu saja setelah saya komfirmasi lagi dia bilang seperti itu-itu saja akhirnya sampai sekarang barang saya belum ada kejelasannya
    jadi saya begitu kecewa dengan jakarta notebook ini saya share supaya teman-teman tidak mengalami nasib
    seperti saya jadi saya tidak setuju kalau jakarta notebook dikatakan toko online aman dan terpercaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing yang sangat bermanfaat sekali, perlu diketahui bahwa apa yang saya tulis adalah hasil survey saya sendiri. Saya telah melakukan pembelian di JakNot lebih dari 3 kali dan Alhamdulillah selalu lancar.
      Nah dengan adanya kejadian agan Agus ini berarti bisa menjadi pertimbangan kita untuk lebih cermat dalam memilih toko online.

      Delete
  4. Kapok belanja di JakartaNotebook. Buat kalian yang mau belanja di jakartanotebook silakan berpikir 1001 kali. Saya belanja di jakartanotebook, saya tertarik karena toko offline ada di sekitar 10 km dari rumah saya. Dengan pertimbangan CEPAT, karena kalau ditempat lain harus pakai kurir buat pengiriman dalam kota saja paling cepat 1 hari, normal 2-3 hari. Saya beli barang melalaui situs jakartanotebook dengan lokasi pickup yang dekat rumah saya. Nah permasalahannya adalah: pada waktu transfer, semisal harga barang totalnya Rp 100.000 maka yang diminta transfer BUKAN Rp 100.000 sesuai harga barang, tetapi dengan angka / kode unik Rp 60. Jadi total yang ditransfer adalah Rp 100.060. Kalau tidak ditransfer pakai kode unik, ancamannya adalah proses verifikasi berlangsung 1-2 hari. Yang nakal dari jakartanotebook di sini adalah: (1) kode verifikasi yang me-markup harga barang dengan alasan memudahkan dan mempercepat proses verifikasi TIDAK DIKEMBALIKAN ke customer, berbeda dengan misalnya tokopedia. Di tokopedia ketika memilih transfer ke bank, memang diminta memasukkan kode unik. Tetapi perbedaan antara tokopedia dan jakartanotebook: kode unik di tokopedia tidak diambil tokopedia tetapi dimasukkan ke tokocash (sekarang pakai OVO), sedangkan di jakartanotebook, kode unik tersebut tidak diserahkan ke customer tetapi diambil oleh jakartanotebook. Kode unik memiliki nominal per transaksi mungkin sangat kecil, Rp 60 kecil memang, tetapi per hari kalau ada 200 transaksi maka jakartanotebook meraup keuntungan R 12.000, per bulan Rp 12.000 x30 = Rp 360 ribu. Ini akal-akalan jakartanotebook ambil untuk dari kode unik. (2) Kalau begitu, jangan kirim kode unik. Nanti dulu.......ada jerat jebakan lain dari jakartanotebook. Bagi yang tidak trasnfer pakai kode unik, disediakan hukuman, yaitu proses verifikasi akan berlangsung 1-2 hari. Prakteknya tidak pernah 1 hari selesai. Apakah transaksi jakartanotebook per hari sampai beribu-ribu transaksi sehingga proses verifikasi butuh waktu sangat lama??? Ini jelas tipu muslihat jakartanotebook yang tidak menerima keuntungan dari kode unik tersebut. (3) Bila dihitung berdasarkan waktu, karena proses verifikasi tidak bisa dihari yang sama, bahkan lebih dari 1 hari (bisa 2 hari dan lebih), kemudian barang yang dipesan harus dipickup di toko offline, maka cara seperti ini malah tidak praktis dan buang-buang waktu dan biaya bensin. Lebih praktis order barang di toko online lain di mana barang bisa diantar sampai rumah tanpa harus capek-capek ke toko offline ambil barang. Lain cerita bila proses verifikasi berlangsung dalam hitungan jam dalam hari yang sama, walau dengan atau tanpa kode unik, barang bisa dipickup di toko offline. Tetapi bila harus menunggu proses verifikasi sedemikian lama, maka cara pickup barang di toko offline malah merugikan customer.
    Selamat tinggal jakartanotebook. Saya tidak akan pernah lagi berbelanja di jakartanotebook walau sekilas harga murah tetapi penuh jebakan. Dan saya juga akan bercerita kepada relasi-relasi saya apa dan bagaimana jakartanotebook yang penuh jebakan-jebakan. Sayonara Jakartanotebook!

    ReplyDelete

Berikan komentar yang baik untuk kemajuan blog ini